Efek Berhenti Merokok Setelah 20 menit, 1 hari, 1 tahun, hingga 15 tahun

Rokok merupakan salah satu benda yang paling tidak sehat untuk tubuh manusia. Produk tembakau ini sering dikaitkan dengan berbagai penyakit mematikan seperti kanker, jantung, dan pernafasan. Berhenti merokok adalah cara terbaik agar bisa pulih dari racun rokok. Sayangnya, berkat sifat adiktif nikotin, berhenti merokok dianggap sangat sulit bagi sebagian besar perokok.

Banyak perokok yang gagal menghentikan kebiasaan buruknya akibat motivasi yang rendah, kambuh lagi karena stres, dan faktor-faktor lain sehingga harus mengulang kembali dari awal proses berhenti merokok.
efek berhenti merokok
-
Tetapi tahukah Anda, sebenarnya Anda hanya perlu waktu 20 menit untuk merasakan efek berhenti merokok. Banyak hal positif yang bakal terjadi pada tubuh manusia setelah menghentikan kebiasaan merokok.
Simak penjelasan berikut ini:
20 menit setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Sebenarnya ketika kaum perokok tak merokok selama 20 menit saja, detak jantungnya akan kembali seperti sediakala: normal, tidak terlalu cepat, tidak juga terlalu lambat.
Nah, efek positif ini akan terus-menerus meningkat pada menit-menit berutnya, jam-jam selanjutnya, hingga hari-hari, minggu-minggu, bulan-bulan, dan tahun-tahun berikutnya. Kita kaji lebih lanjut efek berhenti merokok selanjutnya.
2 jam setelah berhenti merokok
Setelah detak jantung normal, kini tekanan darah Anda juga akan normal. Biasanya, jari-jari terasa lebih hangat daripada sebelumnya.
Tubuh memang merasakan sedikit kecemasan. Ini merupakan reaksi wajar dari darah yang terlanjur tercemar nikotin.
Kuatkan motivasi Anda untuk berhenti merokok, dengan selalu mengingat orang-orang yang Anda cintai, harapan-harapan yang ingin Anda raih, nikmatnya kehidupan di dunia, serta kesempatan meningkatkan ibadah kita untuk persiapan di Hari Akhir nanti.
Selain penguatan motivasi, secara fisik Anda juga bisa mengatasi kecemasan dengan banyak ngemil. Inilah yang akan membuat nafsu makan meningkat, dan secara bertahap mulai melupakan rokok.
12 jam setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Selain mengandung nikotin, asap rokok yang terhirup saluran pernafasan juga mengandung karbon monoksida (CO). Meningkatnya kadar CO dalam darah menyebabkan kadar oksigen berkurang, dan inilah salah satu penyebab kenapa pecandu rokok cenderung mudah lelah.
Nah, setelah 12 jam berhenti merokok, kadar CO dalam tubuh kita pelan-pelan menurun, sehingga kadar oksigen dalam darah akan berangsur-angsur normal.
24 jam setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Ya, hanya sehari setelah Anda berhenti merokok, risiko serangan jantung langsung menurun drastis. Penyakit jantung memang bisa dialami kaum non-perokok, terutama yang terbiasa makan enak serta kaya kolesterol. Bisa juga akibat faktor genetik.
Tetapi ketika Anda tak merokok dalam 1 hari saja, risiko serangan jantung akibat kebiasaan merokok langsung berkurang, sekaligus bisa mengurangi risiko serangan jantung akibat faktor lain.
48 jam setelah berhenti merokok
Bagaimana efek yang terjadi setelah 48 jam, atau 2 hari, berhenti merokok? Indera pencium maupun indera perasa kaum perokok berat biasanya kelu dan “mati”. Namun jika kebiasaan rokok dihentikan, maka dalam waktu 48 jam kemudian, kedua indera ini akan kembali berfungsi seperti sediakala.
3 hari setelah berhenti merokok
Saat ini, nikotin benar-benar sudah keluar dari dalam tubuh. Namun akan timbul gejala seperti sakit kepala, mual, kram, sampai gangguan emosi.
Jika Anda mengalami hal seperti ini, kuatkan kembali motivasi Anda dengan mengingat orang-orang tercinta, harapan yang ingin diraih, juga memperbanyak ngemil.
2-3minggu setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Setelah beberapa minggu, tubuh terasa makin segar, energi bertambah, dan Anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga tanpa banyak gangguan seperti ngos-ngosan.
1-9 bulan setelah berhenti merokok
Kondisi paru-paru Anda makin membaik, sehingga risiko terkena infeksi paru-paru menurun. Nafas yang semula pendek bisa lebih panjang lagi. Bagi eks perokok yang semula sering batuk-batuk, maka frekuensi batuk juga jauh berkurang.
1 tahun setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Boleh percaya boleh tidak, setahun setelah Anda berhenti merokok, risiko serangan jantung akibat penyempitan pembuluh darah menurun hingga 50 persen.
5 tahun setelah berhenti merokok
Kalau Anda mampu bertahan tidak merokok selama 5 tahun, biasanya relatif aman dari kekambuhan. Dianjurkan mengurangi pertemuan dengan orang-orang yang masih merokok. Tetapi, sebagian besar mantan perokok tetap bisa bertahan untuk tidak kembali ke kebiasaan lamanya, meski lingkungan di sekitaranya banyak yang merokok.
Setelah 5 tahun berhenti merokok, segala macam racun dari pembakaran rokok di dalam pembuluh darah sudah dibersihkan. Risiko terkena stroke pun sama seperti orang-orang yang tak pernah rokok sama sekali.
10 tahun setelah berhenti merokok
efek berhenti merokok
-
Risiko terserang kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker kandung kemih, serta kerusakan ginjal dan pankreas berhasil diturunkan.
15 tahun setelah berhenti merokok
Anda sudah tak perlu merisaukan risiko serangan jantung, kecuali ada faktor lain seperti genetis dan terlalu mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi.
Jadi, dengan mengabaikan faktor lain, maka risiko penyakit jantung bagi Anda yang sudah 15 tahun berhenti merokok sama seperti orang seusia Anda yang sama sekali tidak pernah merokok.
efek berhenti merokok
Secara teoritis, saat ini Anda memiliki peluang hidup 14 tahun lebih lama, karena kondisi fisiologis di dalam tubuh sudah normal kembali.
Itulah berbagai hal yang terjadi pada tubuh ketika Anda berhenti merokok. Sudah siap menghentikan kebiasaan buruk tersebut?
Semoga bermanfaat.
sumber simomot.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment