Sejarah Singkat di Balik Pemakaian Nama Oscar

Ajang perfilman tertinggi Amerika Serikat, Academy Awards lebih dikenal dengan nama Oscar. Ada sejarah tersendiri di balik pemakaian nama tersebut.


Sejarah Singkat di Balik Pemakaian Nama Oscar

Oscar sendiri bukanlah sebuah akronim seperti halnya BAFTA Awards(British Academy of Films and Television Arts) atau SAG Awards (Screen Actor Guild). Oscar boleh dikatakan adalah nama lain yang diberikan kepada Academy Awards. Darimana nama itu berasal, tidak banyak sumber yang memuat hal tersebut. Hingga kini siapa yang pertama kali mencetuskan nama tersebut pun masih samar dan diperdebatkan. Akan tetapi dari berbagai sumber, ada beberapa pihak yang mengklaim pemberian nama tersebut.
Dari situs Internet Movie Data Base, diketahui bahwa aktris Bette Davis pernah mengklaim bahwa nama Oscar diambil dari suami pertamanya, pemain band bernama Harmon Oscar Nelson. Sayangnya, dari situs tersebut tidak disertakan tanggal pasti klaim dari Bette Davis ini. Sejarah mencatat aktris asakal Lowell, Massachusetts ini telah memenangkan dua piala Oscar lewat Dangerous (1935) danJezebel (1938). Baru ketika Academy Awards dilaksanakan di tahun 1939, sebutan Oscar mulai dipergunakan.
Sementara itu, klaim lain datang dari maestronya film animasi Amerika Serikat, Walt Disney. Bapaknya animasi AS ini dianggap telah mempopulerkan penggunaan kata Oscar untuk merujuk kepada piala emas yang diterima di ajang Academy Awards. Tepatnya pada pidato kemenangannya di Academy Awards, 16 Maret 1934, Walt Disney mengucap bahwa piala yang ia menangkan adalah The Oscar. Tak disangka, sebutan yang semula ditujukan sebagai sebuah ejekan tersebut justru populer dan dipakai hingga saat ini. Disney menang di kategori Best Short Subject: Cartoon atas karya mereka Three Little Pigs (1933). Di tahun yang sama, istilah Oscar untuk pertama kalinya disebut dalam media cetak. Tercatat majalah Time lah yang menyebutkannya ketika membahas pagelaran Oscar yang ke-6 di tahun 1934.
Di antara banyak spekulasi tentang asal usul nama Oscar, satu yang diyakini palih sahih bahwa istilah Oscar pertama kali datang dari Margaret Herrick, Sekretaris Eksekutif Academy. Ia pertama kali menghadiri malam penganugerahan Academy Awards di tahun 1931. Saat melihat piala Academy Awards saat itu, Herrick mengaku teringat dengan sepupunya yang sering disebut "Paman Oscar". Seorang penulis kolom bernama Sidney Skolsky hadir ketika Herrick mengucapkan kata Oscar dan lantas menuliskannya dalam tulisannya.
Terlepas dari sejarah penamaannya yang simpang siur, hingga kini Oscar menjadi ajang supremasi tertinggi perfilman Amerika Serikat yang selalu menjadi sorotan utama insan perfilman dunia setiap tahunnya. Dan tahun ini, adalah tahun ke-81 di mana piala Oscar yang beratnya 3,8 kilogram ini akan diperebutkan oleh para nominator.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Thanks for your comment