Arti Rating Film Bioskop, Film Televisi, Acara TV, dan Komik

Sistem peringkat film MPAA adalah klasifikasi isi dan tema film yang sesuai dengan tingkat umur penonton di wilayah Amerika Serikat dan teritorinya. Sistem klasifikasi ini dikelola MPAA dan Asosiasi Pemilik Bioskop Nasional (National Association of Theater Owners). Sebelum film diputar di bioskop, sebagian besar studio film di Amerika Serikat mengirimkan film ke MPAA secara sukarela.


Penilaian diberikan oleh dewan tetap bernama Administrasi Peringkat dan Klasifikasi (Classification and Rating Administration, disingkat CARA) yang berkedudukan di Los Angeles. Dewan ini beranggotakan 10 hingga 13 orang tua yang memiliki anak, dan mereka menjadi anggota untuk masa jabatan yang berbeda-beda. Dana untuk dewan ini berasal dari biaya pemeringkatan yang dibayar oleh produser/distributor film. Setiap film yang dikirimkan ke MPAA ditonton oleh anggota dewan. Setelah melalui diskusi grup, anggota dewan memberikan suara untuk peringkat yang sesuai untuk anak-anak mereka.

Sistem ini bertujuan membantu penonton menentukan jenis film yang sesuai untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa. Di Amerika Serikat juga terdapat sistem peringkat film oleh Film Advisory Board yang memiliki penggolongan yang berbeda dari MPAA.

Studio-studio anggota MPAA (Supplier utama film-film Box Office dunia):

  • 20th Century Fox (Contoh film: Fantastic Four, Prometheus, Avatar)
  • Paramount Pictures (Contoh film: Transformers, Titanic, G.I Joe: Retaliation)
  • Warner Bros. (Contoh film: The Dark Knight Rises, Sucker Punch, Green Lantern)
  • Walt Disney Company (Contoh film: The Avengers, Ratatouille, Bolt)
  • Universal Studios (Contoh film: Hulk, Battleship, Serenity)
  • Sony Pictures Corp. (Contoh film: Resident Evil, Underworld, The Amazing Spider-Man)



Untuk lebih jelasnya tentang arti MPAA Rating dalam Film ini, silahkan langsung dibaca aja penjelasan dibawah.

Amerika atau Umum


G - General Audiences | Semua usia


Sebuah film dengan rating "G" tidak berisi apapun mengenai tema, bahasa, ketelanjangan, seks, kekerasan atau hal lain yang akan menyinggung perasaan orang tua yang anak-anak muda melihat film. Rating "G" bukan merupakan "persetujuan," juga bukan menandakan sebuah film "anak-anak". Beberapa cuplikan bahasa mungkin melampaui percakapan sopan tetapi itu adalah ekspresi sehari-hari biasa. Tidak ada kata-kata "berlebihan" yang muncul dalam film "G". Penggambaran kekerasan yang minimal. Tidak ada adegan seks telanjang, atau penggunaan narkoba yang muncul dalam film.

Contoh: Up, Big Hero 6 dll.

Genre Possibility: Animated, Drama, Comedy.

PG - Parental Guidance Suggested | Bimbingan orang tua


Sebuah film berating "PG" harus diselidiki dahulu oleh orang tua sebelum membiarkan anak mereka menontonnya. Peringkat PG menunjukkan, dalam pandangan MPA, bahwa orang tua dapat mempertimbangkan beberapa konten tidak sesuai untuk anak-anak, dan orang tua harus membuat keputusan terkait hal itu. Tema yang lebih dewasa dalam beberapa film "PG" mungkin membutuhkan bimbingan orang tua. Mungkin ada beberapa kata-kata "kotor" dan beberapa penggambaran kekerasan atau ketelanjangan secara singkat. Namun elemen ini tidak dianggap begitu kuat untuk mensyaratkan bahwa orang tua harus sangat berhati-hati. Tidak ada tontonan penggunaan narkoba dalam film berating "PG".

Contoh: The Smurfs, Mr. Popper's Penguins, Arthur Christmas, Legally Blondes dan Journey 2 The Mysterious Island dll.

Genre Possibility: Animated, Live Action, Comedy, Drama, Fantasy, Sci-Fi, Adventure.

PG-13 — Parents Strongly Cautioned | Peringatan keras bagi orang tua


PG-13 adalah peringatan tegas oleh Dewan Rating bagi orang tua untuk menentukan apakah anak-anak di bawah usia 13 tahun dapat menonton film tersebut, dengan pertimbangan adanya beberapa isi film yang mungkin tidak cocok untuk mereka.

Film dengan Rating PG-13 mungkin melampaui peringkat PG pada hal tema, kekerasan, ke-te-lan-jang-an, sensualitas, bahasa, kegiatan dewasa atau unsur-unsur lain, tapi tidak sampai mencapai kategori R.

Adegan penggunaan narkoba akan membutuhkan setidaknya rating PG-13. Adegan te-lan-jang yang tidak singkat, membutuhkan setidaknya rating PG-13, tapi adegan te-lan-jang tersebut dalam gambar PG-13 dinilai umumnya tidak akan berorientasi sek-sual. Ada kemungkinan penggambaran kekerasan di film PG-13, tapi umumnya tidak realistis dan ekstrim, atau hanya kekerasan persisten.

Contoh: An Education, Transformers: Dark of the Moon, Crazy Stupid Love dll.

Genre Possibility: Live Action, Action, Science-Fiction, Adventure, Thriller, Drama, Comedy.

R - Restricted | Terbatas


ebuah film dengan rating "R", berisi beberapa materi dewasa. Sebuah film "R" mungkin mencakup tema-tema orang dewasa, aktivitas orang dewasa, bahasa yang kasar, kekerasan yang ekstrim atau berkelanjutan (lebih dari sekali), ketelanjangan berorientasi seksual, penyalahgunaan obat-obatan atau unsur-unsur lainnya, sehingga orangtua harus menaruh perhatian sangat serius. Anak di bawah 17 tahun tidak diizinkan untuk menonton film berating "R" tanpa ditemani oleh orang tua atau orang yang lebih dewasa. Orang tua sangat disarankan untuk mengetahui lebih banyak tentang film berating "R" agar dapat menentukan kesesuaian film tersebut untuk anak-anaknya.

Contoh: Machine Gun Preacher, Blue Valentine, What Doesn't Kill You, Gone Baby Gone dll.

Genre Possibility: Live Action, Action, Horror, Thriller, Drama, Comedy.

NC-17 - No One 17 dan Under Admitted | Dewasa 17 tahun ke atas


Sebuah film diperingkat NC-17 adalah salah satu yang dalam pandangan Dewan Rating, mempertimbangkan isi yang terlalu dewasa untuk anak-anak yang berusia 17 dan di bawahnya.

Rating NC-17 tidak berarti "ca-bul" atau "por-no-grafi" dalam arti biasa atau hukum kata-kata, dan tidak dapat dianggap sebagai penilaian negatif dalam arti apapun. Peringkat NC-17 hanya sinyal bahwa konten hanya cocok untuk audiens dewasa.

Film berating NC-17 dapat didasarkan pada adegan kekerasan, adegan sek-sualitas, adegan perilaku aberrational, adegan penyalahgunaan obat-obatan atau elemen lain yang kebanyakan orangtua akan mempertimbangkan terlalu kerasnya dan melewati batas untuk dilihat oleh anak-anak 17 tahun dan dibawahnya.

Contoh: Pulp Fiction, Original Sin, Shame dll.

Genre Possibility: Live Action, Action, Horror, Thriller, Drama, Comedy.

NR - Not Rated | tidak dinilai


Bila tidak dikirimkan ke MPAA untuk dinilai, maka film tersebut diberi label NR (Not Rated, tidak dinilai). Peringkat NR bukan merupakan klasifikasi resmi MPAA.

Indonesia


Di Indonesia sendiri, melalui Lembaga Sensor Film memiliki penilaian berbeda dengan MPAA. Mereka membuat acuan dasar bagi setiap produser/distributor/media televisi dalam setiap penayangannya baik itu sebuah film bioskop, film televisi hingga acara/program. Logo atau peringkat tersebut dapat kita lihat di sebelah kanan/kiri bawah layar televisi anda.

Rating Film di Indonesia ini dibagi menjadi 3 (Tiga) jenis, yaitu:

  • Rating SU - Semua Umur = G
  • Rating R - Remaja (13+)= Rating R, PG & PG-13,
  • Rating D - Dewa-sa (17+) R & NC-17.


Yang biasa digunakan dalam Film televisi, Acara TV :

  • A / SU = Anak / Semua Umur
  • BO / A = Bimbingan Orangtua / Anak (batasan usia 4 s/d 7 tahun)
  • BO = Bimbingan Orangtua (batasan usia 5 s/d 12 tahun)
  • BO - R/R = Bimbingan Orangtua - Remaja (batasan usia 13 s/d 16 tahun)
  • D = Dewasa (batasan usia minimal 17 tahun)


KOMIK


Pada tahun 2001, Marvel menarik diri dari otoritas Comic Code dan membuka kode komik tersendiri, yakni Marvel Rating System. Sistmem ratingnya ialah

  • ALL AGES
  • PG (Parental Guidance)
  • PG+
  • PARENTAL ADVISORY/EXPLICIT CONTENT


Namun MPAA mengajukan komplain dikarenakan kemiripan kode pada PG-nya itu yang sudah di trademark oleh MPAA dan sifat-nya terlarang untuk digunakan oleh pihak lain. Maka Marvel-pun mengubah kode-nya menjadi :

  • ALL AGES | Semua Umur, contoh : Ultimate Spider-Man, Ultimate Marvel Team-Up, Ultimate X-Men dll.
  • A | Cocok untuk 9+
  • T+ | Cocok untuk 13+
  • PARENTAL ADVISORY | Cocok untuk remaja dan dewasa, contoh : Punisher, Elektra, Marvel Knights: Double-Shot, Banner dll.
  • MAX: EXPLICIT CONTENT | Khusus 18+, contoh : Alias, Fury, and U.S. War Machine dll.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
pak muliadi
admin
April 4, 2015 at 11:45:00 AM GMT+8 ×

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


Reply
avatar
Unknown
admin
April 9, 2018 at 7:42:00 PM GMT+8 ×

dapatkan hadiah ultah kamu hanya di agent855

Reply
avatar
Thanks for your comment