Tips : Memilih Lokasi Usaha Strategis



Bagi anda yang ingin memulai usaha baru, hal utama yang terlintas dipikiran adalah menetukan lokasi yang strategis. karena lokasi memengaruhi laris dan tidaknya produk. Olehnya, perlu hati-hati dan banyak pertimbangan. Berikut tipsnya :

1. Mudah dilihat
Mencari tempat yang mudah terlihat oleh banyak orang. Itu akan memudahkan menarik pelanggan dan meminimalisir biaya promosi. Apalagi ditambah dengan papan nama yang mencolok, unik sekaligus eye catching.

2. Lalu lintas
Kepadatan arus lalu lalang orang atau kendaraan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung

3. Dekat dengan target pasar
Pastikan segmen produk anda, apakah untuk kalangan tertentu, umur tertentu, atau mungkin lebih spesifik lagi. Itu unutk memudahkan pelanggan untuk mengunjungi, lebih hemat waktu serta biaya bagi pelanggan.

4. Sharing are atau Monopoli area
Sharing area adalah lokasi tersebut sudah ada toko sejenis atau kompetitor. Otomatis resiko memilih lokasi seperti ini berarti kita sudah siap untuk berkompetisi dalam segala hal. Keuntunganya, market sudah pasti, tidak perlu survei lagi.

Monopoli area adalah lokasi yang belum ada pesaing dengan resiko kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mempromosikan toko kita, perlu usaha, waktu dan biaya. Keuntungannya, karena kita sendiri ada dilokasi tersebut, maka kita akan lebih leluasa untuk menetapkan harga, menikmati margin karena relatif tidak ada pesaing.

5. Biaya sewa
Biarkan harga semawanya mahal namun akan membuat usaha lebih maju. Dibanding, yang murah namun gagal. Toh, biaya yang akan anda keluarkan nantinya akan perlahan tergantikan dengan keuntungan diperoleh.

6. Legalitas
Terlalu beresiko apabila kita sudah memutuskan memilih lokasi tapi dikemudian hari bermasalah alam hal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan sekitar.

Itulah beberapa tips memilih lokasi usaha strategis buat anda para pelaku bisnis...semoga bermanfaat..dan dibalik dari tips diatas..semua rezeki diatus oleh Allah SWT...:D.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment