Inilah Ciri Agar Air Mani Sehat

Di samping dari faktor sperma, air mani pria juga memegang peranan penting dalam urusan kesuburan. Air mani yang sehat membantu proses pembuahan sel telur oleh sperma berjalan dengan baik. Namun air mani tidak lantas menjadi faktor utama pencetus kemandulan.
Dikutip dari Detik, pria air mani yang encer belum dikatakan mandul. Kemandulan perlu pemeriksaan laboratorium untuk menentukan kondisi faktor lainnya. Misalnya kondisi motilitas sperma, jumlah sperma abnormal, dan sebagainya.
Namun, air mani yang sehat pun memiliki ciri khas tersendiri. Ini beberapa ciri di antaranya:
  1. Warna dari air mani yang sehat adalah putih atau keabu-abuan. Namun kadang ditemui air manis warnanya agak kekuningan. Jika menemukan air mani berwarna kemerahan atau merah muda maka harus diwaspadai. Pasalnya warna tersebut muncul karena telah bercampur dengan darah. Periksakan kalau air mani merah ini muncul.
  2. Air mani yang sehat memiliki ciri khas lengket. Hal tersebut bisa diserupakan dengan jeli. Kalau menemukan air mani Anda sangat encer mungkin akan berpengaruh pada kesuburan.
  3. Dalam sekali ejakulasi, seorang pria normal mampu mengeluarkan air mani sebanyak 2-5 ml atau setara kurang lebih setengah sampai satu sendok makan. Hanya saja kadang seorang pria mengalami hypospermia yang jumlah air maninya saat keluar kurang dari 1,5 ml. Dia orgasme dengan kondisi sperma yang lebih sedikit. Ada pula pria yang mengalami hyperspermia dengan jumlah air manis sekali keluar mencapi lebih dari 6 ml.
  4. Dalam air mani terdapat sel sperma yang akan berenang menuju sel telur di rahim kalau air tersebut dimasukkan ke dalam vagina. Normalnya, air mani yang sehat akan membawa minimal 25 persen sperma yang mampu berenang secara cepat ke sel telur. Bentuk sperma juga 30 persen harus normal tanpa kelainan.
sumber : SIDOMI.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment