Tahukah Anda?


Musik
bahwa musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme?

bahwa Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. 

Film
bahwa film Srigala adalah film jagal Indonesia pertama tanpa ada satu unsur mistikpun didalamnya.

bahwa Nayato Fio Nuala adalah sutradara terporduktif di Indonesia saat ini.

bahwa parodi di Film Horor produksi Indika Entertainment, kebanyakan berasal dari film Indika sendiri.

Teknologi
bahwa perpustakaan digital adalah perpustakaan di mana sebagian besar sumbernya terdapat dalam format yang boleh didapat melalui komputer bahwa misi luar angkasa berawak yang pertama adalah Vostok 1 yang diluncurkan pada 12 April 1961?

bahwa Indonesia memiliki seorang penemu besar bernama Tjokorda Raka Sukawati? Ia menemukan Teknik Sosrobahu dan Korea Selatan bersikeras ingin membeli hak patennya.

bahwa situs web pertama adalah http://info.cern.ch yang dibuat oleh Tim Berners-Lee?

Sejarah
bahwa raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah adalah Pepi II, yang memerintah Mesir selama 90 tahun dari 2566 hingga 2476 SM?"

bahwa pada zaman kuno sampai Abad Pertengahan, kota AlaÅŸehir di Turki dikenal dengan nama Filadelfia yang merupakan pusat penting kekristenan pada masa Gereja perdana?"

bahwa pada eksperimen manusia Nazi, sejumlah besar tahanan kamp konsentrasi dipaksa menjadi objek berbagai eksperimen dengan berbagai perlakuan seperti direndam di air dingin, diberi racun, dan diinfeksi dengan penyakit seperti malaria dan tuberkulosis?"

bahwa permata yang ditemukan dalam makam Tutankhamun, KV62, dibuat dari batu meteor kuno di gurun Sahara?"

bahwa antara tahun 1565 sampai 1898, Filipina dan sejumlah kepulauan lainnya di Samudra Pasifik merupakan bagian dari Hindia Timur Spanyol?"

bahwa George Rogers Clark dipanggil dengan julukan "Penakluk daerah Barat Laut" (Conqueror of the Northwest) karena kemenangan pasukan Illinois-nya pada masa Perang Revolusi Amerika?"

Seni
bahwa lukisan Benjamin Franklin pada uang seratus dollar AS merupakan lukisan seniman Perancis bernama Joseph Duplessis?

bahwa gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali?

bahwa kata drama berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tindakan", dan bahasa Yunani Kuno yang bermaksud "membuat"?

Agama
bahwa agama Hindu adalah salah satu agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga sekarang?

bahwa Meoto Iwa di lepas pantai Mie, Jepang, dipercaya oleh umat Shinto sebagai batu suami-istri?

bahwa penganut Jainisme dilarang keras makan daging, bahkan pantang makan buah yang dagingnya berwarna merah?

bahwa para petapa Digambara hidup bertelanjang sebagai ungkapan ketidakterikatan akan materi duniawi?

bahwa menurut Khonghucu, sebelum memimpin orang lain kita harus bisa memimpin diri sendiri?

bahwa kata "Buddha" berarti "Mereka yang Telah Sadar (Yang mencapai pencerahan sejati)"?

bahwa Sang Buddha bukanlah Tuhan Yang Maha Esa menurut agama Buddha?

bahwa menurut pustaka Buddhis, ada 28 Buddha yang berbeda-beda pada setiap zaman?

bahwa kata "Alkitab" berasal dari bahasa Arab kutiba yang berarti ketetapan-ketetapan atau hukum? 

bahwa seorang muslim mengucapkan syahadat minimal 9 kali sehari yang dilakukan dalam salat lima waktu?

Militer
bahwa pada Perang Dunia II, perwira Angkatan Darat Amerika Serikat Kolonel Louis Gonzaga Mendez, Jr. memimpin serangan terjun payung yang berhasil merebut kota Pretot, France, membuat nama plaza utama kota itu sekarang menjadi "La Place de Colonel Mendez"?

bahwa Admiral Harry D. Felt, seorang anti-komunis keras yang merencanakan pemakaian senjata nuklir pada Krisis Selat Taiwan Kedua, menentang intervensi militer Amerika Serikat pada Perang Vietnam?

bahwa Kapten Udara Wallace McIntosh diakui sebagai penembak udara Bomber Command Angkatan Udara Britania Raya terbaik pada Perang Dunia II, dengan menjatuhkan delapan pesawat Jerman, termasuk tiga sekaligus dalam satu misi?

bahwa pada Pertempuran Ypres Pertama, Edward Bulfin membuat formasi sementara berupa enam batalion, yang kemudian dikenal dengan "Bulfin's force", yang ternyata berhasil memenangkan perang gila ini sangat-sangat gila sekali perang ini

Ilmu
bahwa Napalm-B, yang dipakai saat Perang Vietnam, dibuat dengan hanya mencampurkan tiga bahan: polistirena, bensin, dan benzena?

bahwa Carl Sagan, ilmuwan terkenal, menghisap ganja?

bahwa daun pepaya dan pepaya mentah mengandung enzim bernama papain dengan cinta spesial protein dalam daging dan membuatnya lunak?

bahwa cokelat dapat membunuh anjing? Theobromin, zat yang merangsang otot-otot jantung dan sistem saraf pusat, menyebabkan cokelat beracun.



Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment