Kenalkan, Web Dahsyat ! WoframAlpha.com

Kalau sudah membicarakan mesin pencari (search engine), kita mengenal dua pemain raksasa yakni : Google dan Yahoo. Tapi harus diakui Google, Google memimpin untuk teknologi pencarian walau beberapa waktu lalu Bill Gates, founder Microsoft Inc. telah me"launch" search engine baru yakni Bing yang merupakan hasil akuisisi Microsoft dengan MSN Corp. si pemilik "Hotmail".
Di sini akan diulas mengenai mesin pencari baru yang mengejutkan dan sangat fenomenal, yakni WolframAlpha dengan alamatnya www.wolframalpha.com. Tag line situs web ini adalah "computational knowledge engine". Wow.....

Tidak sekedar mencari informasi teks, tetapi secara komputasi juga dapat memecah berbagai pertanyaan umum. Mulai pertanyaan informatif hingga pertanyaan matematika, kimia, farmasi, biologi, fisika, geografi dan masih banyak lagi.
Sebagai contoh :
Jika anda memasukkan tanggal lahir anda, 13 Oktober 1975..pada hari ini tanggal 13 November 2009, maka wolfram alpha akan menjawabnya seperti ini :
- Monday, 13 October 1975
- 13/10/1975
- 07 Shawwal 1395
- 34 years, 1 months ago
- 1778 weeks, 4 days ago
- 12450 days ago
- 34.08 years ago
Time in 1975
286th days
42nd weeks
Birth of
Phillipe Torreton (actor) 1965
Margareth Thatcher (politican) 1925
In 1975
Sunrise 5:33 AM WIT
Sunset  5:46 PM WIT
Duration of daylight 12hours 13minutes
Phase of moon
Waxing gibbous moon
Nah...dahsyat bukan ? Belum lagi anda mengajukan soal-soal mengenai geografi, dan lain-lain. Tinggal klik tanda "sama dengan" maka anda akan memperoleh hasil yang luar bisa.
Tujuan WolframAlpha adalah membuat ilmu pengetahuan dengan cepat bisa diakses dan dicari semua orang. Mesin pencari ini, selain punya mesin cerdas, juga mengoleksi berbagai input data ,model, metode dan algoritma dari yang mudah hingga sulit.
Janjinya sih, WolframAlpha akan menjadi mesin canggih yang bisa diakses semua orang dari semua kalangan. Jadi, anak SD pun bisa dengan sekali klik mencari jawaban sebuah pertanyaan matematika tingkat perguruan tinggi jika dia sudah tahu cara mencarinya.
Dengan hanya mengetikkan nama kota, misalnya Jakarta, kita langsung disuguhi data populasi Jakarta, peta lokasi Jakarta, waktu lokal Jakarta, cuaca bahkan ketinggian kota Jakarta. Ini cuma model pencarian mudah. WolframAlpha bisa menjawab berbagai pertanyaan sulit yang sifatnya hitung-hitungan.
Coba anda masukkan persamaan matematika :
2x^2 + 19x - 58 = 0 (apa jawaban WolfraAlpha ?)
Contoh lain, statistik misalnya. Dengan mudah bisa diselesaikan soal-soal statistik seperti analisis regresi, korelasi, probabilitas, dan distribusi statistik.
Penyelesaian soal kimia juga sangat menarik. Masukkan Caffein Vs Aspirin, dengan waktu sekian detik dan langsung bisa membedakan caffein dan aspirin itu secara kimia, lengkap dengandiagram struktur, struktur 3D dan banyak lagi, demikian juga jika anda masukkan sebuah komoditi Corn (Jagung) misalnya, maka Wolfram akan membaca dari mulai kandungan protein, karbohidrat, lemak lengkap dengan struktur dan lain-lain. Wufffff......
Bukan hanya itu, data yang dihasilkan WolframAlpha menyediakan format Adobe (.pdf) buat penyimpanan data yang juga dapat di-print out dengan hasil yang sangat bagus.
Mesin pengetahuan ini, emnurut situs resminya WolframAlpha, memang dikerjakan sederet intelektual kelas dunia yang bertekad menjadikan proyek ini sebagai milestone capaian teknologi pencarian pada abad ke-21.
Saat ini, WolframAlpha berisi 10 triliun jenis data, 50,000 jenis algoritma dan kemampuan menjawab pertanyaan dari 1,000 ranah bahasa pengetahuan.
Mesin ini dibangun secara matematika selama 20 tahun di Wolfram Research. Tak heran, mesin ini memuat hingga 5 juta simbol matematika yang berjalan di kumpulan superkomputer. Tertarik ?
(dari berbagai sumber)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment