Fakta Nelson Mandela




Wafatnya Nelson Mandela membawa keharuan, tidak hanya di Afrika Selatan (Afsel) tetapi juga di seluruh dunia. Mandela pun diakui sebagai salah satu tokoh yang berhasil mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik.
  1. Tahu kah anda? Seluruh warga Afrika Selatan mengikuti menit demi menit, update berita tentang kesehatan Pemimpin yang biasa dipanggil "Tatu" (Kakek) oleh generasi muda di Afrika Selatan ini,  saat kondisi kesehatannya terus menurun sejak pertengahan tahun ini.  Di luar rumah sakit, warga berkelompok untuk memanjatkan doa bersama untuknya.
  2. Pria yang dicap sebagai teroris dan revolusioner oleh rezim apartheid di Afrika Selatan pada tahun 1960-an ini, menghabiskan 27 tahun hidupnya di penjara atas tuduhan konspirasi yang menjadi simbol perdamaian dan persamaan ras. Namun berkat tekanan dan kampanye global dari seluruh belahan dunia untuk membebaskannya, Pada Februari 1990, Nelson Mandela resmi dibebaskan. 3 tahun kemudian, ia mendapatkan penghargaan berupa Nobel Perdamaian pada 1993.
  3. Nelson Mandela, Merupakan presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan. Ia memimpin Negara itu selama satu periode yaitu tahun 1994-1999. Tidak berlebihan jika Presiden AS, Obama, merasa memiliki kedekatan khusus dengan Nelson Mandela, karena ia memiliki nasib yang sama, menjadi presiden kulit hitam pertama di negaranya.
  4. Presiden Soeharto memiliki julukan khusus untuk Nelson Mandela, yaitu Pendekar Keadilan. Julukan itu diberikan dalam kunjungannya ke Indonesia, pada tahun 1990 setelah ia resmi dibebaskan dari penjara. 
  5. Pada kunjungannya ke Indonesia pada 1990, Presiden kedua RI, Soeharto, memberikan memberikan Nelson Mandela hadiah berupa baju Batik. Sejak itu, Madiba jadi sangat menyukai batik. Ia bahkan sering memakai baju batik pada acara-acara penting yang dihadirinya. Bahkan, baju batik yang ikut dipromosikan Mandela ini diberi nama sebagai Madiba shirt (Baju Madiba)
  6. Nelson Mandela meninggal pada usia 95 tahun di Johannesburg, Afrika Selatan. Sebelum meninggal menderita penyakit infeksi paru-paru.
  7. Fakta selanjutnya adalah, Grup Band U2 membuat lagu khusus untuk Nelson Mandela berjudulOrdinary Love. Lagu ini dibuat untuk menghormati sosok Nelson Mandela yang dirilis pada 29 November 2013. Satu minggu sebelum ia meninggal. Lagu ini juga dibuat setelah U2 terinspirasi oleh potongan film Mandela: Long Walk to Freedom. Sebuah karya yang juga dibuat untuk mendokumentasikan dan mengingatkan dunia akan sosok pejuang kemanusiaan dan hak asasi manusia (HAM), Nelson Mandela. Berikut lagu ciptaan U2 tersebut
  8. Mandela bukan lahir dengan nama Nelson tetapi dengan nama Rolihlahla Mandela.
  9. Mandela menghabiskan masa anak-anaknya di Qunu, sebuah desa kecil yang tidak memiliki jalan aspal dan hanya dilengkapi oleh jalan setapak dan keluarga Mandela hanya tinggal di gubuk.
  10. Mandela di baptis di Gereja Persatuan Methodist dan diberi nama Nelson oleh seorang gurunya.
  11.  Ayah Mandela merupakan penasihat kepala suku dan meninggal saat Mandela berusia sembilan tahun. Lalu dia diadopsi oleh kepala suku tersebut.
  12. Mandela kabur ke Johannesburg untuk menghindari pernikahan yang direncanakan oleh petinggi suku tempatnya tinggal.
  13. Olahraga menjadi bagian hidupnya selama dia dipenjara. Secara rutin Mandela memainkan sepakbola bersama para tahanan lain.
  14. Invictus, film yang diperankan oleh aktor Morgan Freeman sebagai Mandela adalah refleksi kehidupan Mandela yang telah menjadi inspirasi bagi dunia. 
  15. Mandela mempunyai kemampuan yang baik dalam bertinju.Pada 2005, Mandela mengumumkan seorang anaknya Makgatho Mandela meninggal karena AIDS

#RipNelsonMandela
Previous
Next Post »
Thanks for your comment