Setiap hari, kita melihat banyak sekali logo hingga kita tidak memikirkan arti di belakang logo tersebut. Tetapi tentu saja kerja keras dan uang yang dihabiskan untuk sebuah logo yang terlihat sederhana mungkin memiliki arti yang lebih.Berikut 10 Logo Perusahaan terkenal dunia yang memiliki makna atau arti serta simbol tersembunyi.
1. FedEx - Tanda Panah
Dapatkah Anda menemukan sesuatu yang tersembunyi di logo Ini? Mungkin sekilas, logo ini terlihat sederhana dan sangatlah jelas artinya seperti express misalnya. Tapi ternyata logo ini memiliki kesan yang lebih mendalam. Jika Anda melihat ke kata 'Ex' pada logo mereka, Anda akn menyadari ada ruang kosong di antara huruf E dan x. Ruang kosong itu ternyata menyimbolkan tanda panah ke kanan. Arti dari tanda panah ini adalah kecepatan, keakuratan dan pentingnya perkembangan ke depan.
2. Baskin Robbins - 31
Di tahun 1953, Baskin-Robbins menghasilkan sebuah inovasi dimana mereka menawarkan es krim dengan total 31 rasa. Angka 31 ini dimunculkan dalam logo mereka, terlihat jelas di antara nama Baskin dan Robbins, tidak seperti sekarang ini.
Lalu pada tahun 2005, bersamaan dengan perayaan 60 tahun mereka, logo mereka di-desain ulang. Walaupun angka 31 yang terlihat jelas dihilangkan, angka 31 ini disembunyikan di huruf B dan R. Jika warna mereka bukan pink, maka orang-orang kemungkinan besar tidak akan menyadarinya. Arti dari angka 31 ini sendiri dimaksudkan agar setiap orang dapat merasakan rasa yang berbeda setiap hari, dimana 1 bulan paling banyak terdiri dari 31 hari.
3. Sony Vaio - Simbol Analog dan Digital
Video Audio Intelligent Organizer atau singkatnya Vaio adalah salah sub-brand yang digunakan oleh Sony untuk berbagai produk komputernya, dan nama logo atau brand ini sangatlah terkenal. Di samping dari kata 'vaio', ada makna tersembunyi yang jika Anda mengerti sedikit akan istilah digital atau analog, maka Anda akan menyadarinya.
Sisi kiri dair logo dibuat menyerupai simbol gelombany yang menggambarkan ide teknologi analog. Sedangkan sisi kanannya terdiri dari angka "1" dan "0", dimana berartikan 2 digit binari komputer, yaitu teknologi digital.
4. NBC - Burung Merak
Walaupun Anda mungkin kurang mengenal nama NBC atau National Broadcasting Company, karena merupakan perusahaan penyiaran jaringan televisi dan radio Amerika, tapi logo mereka sangatlah menarik. Sadarkan Anda dari gambar logo mereka di atas, bahwa ada gambar burung merak di sana?
Oleh karena itulah NBC dikenal sebagai "Jaringan Merak" (Peacock Network). Selain itu, logo mereka juga memiliki arti lain, dimana 6 bulu ekor merak ini menunjuk ke 6 divisi NBC pada saat mereka dibuat, yakni divisi Berita, Olahraga, Entertainment, Stasiun, Jaringan dan Produksi. Kepala burung merak yang menghadap ke kanan juga berartikan bahwa ia selalu melihat ke depan, bukan ke belakang.
5. Toblerone - Beruang
Anda penggemar coklat? Mungkin Anda pernah melihat coklat ternama dar Swiss ini. Jika Anda hanya melihat sekilas, maka Anda akan melihat logo ini menggambarkan gunung, tepatnya gunung antara perbatasan Swiss dan Italia. Tapi sadarkah Anda bahwa ada beruang di sana? Itu karena Toblerone pada awalnya diproduksi di kota Bern, dimana beruang merupakan simbol dari ktoa tersebut. Nama Toblerone sendiri berasal dari pembuatnya, "Tobler" dan kata "Torrone" (kata italia untuk madu dan nougat).
6. F1 - Angka 1
Pada awalnya mungkin Anda tidak menyadari apa arti dari logo ini, mungkin hanya huruf F dan sesuatu yang cepat menyerupai angka satu. Tetapi jika Anda melihatnya lebih teliti, Anda akan menyadari bahwa ada angka satu di ruang antara F dan strip-strip merah. Strip-strip merah ini menggambarkan kecepatan.
7.Carrefour - Huruf C
Jika Anda belum menyadari bahwa ada huruf C yang tersembunyi di balik logo Carrefour maka Anda mungkin tidak akan melihatnya seperti sebelumnya lagi. Sekarang Anda akan menyadari terus bahwa ada huruf 'C' yang tersembunyi di balik logo Carrefour. Karena huruf 'C' benar-benar di tengah, Anda akan selalu melihatnya.
Arti dari logo Carrefour sendiri merupakan 2 panah yang satu mengarah ke kiri dan satunya lagi mengarah ke kanan. Mengartikan kata "carrefour" dalam Perancis yang berarti "persimpangan", sama halnya seperti banyaknya produk yang ditawarkan oleh supermarket ternama ini kemana-pun Anda berjalan. Warnanya sendiri berdasarkan benderea Perancis, dimana Carrefour didirikan.
8. Amazon - Senyum dan Keragaman
Simbol atau logo Amazon (mungkin lebih dikenal dengan amazon.com) memberikan kata amazon dengan panah di bawah huruf a sampai huruf z. Panah itu sendiri memberikan 2 arti, yang pertama adalah bahwa amazon selalu memberikan kepuasan ke customernya sehinga mereka tersenyum, dengan lubang di kedua huruf a sebagai mata. Yang kedua adalah bahwa amazon memberikan keragaman produk yang tidak terbatas dari 'a' sampai 'z'.
9. Sun Microsystem - Kata SUN
Logo yang satu ini mungkint terlihat cukup jelas. Logo ini memiliki konsep dari sebuah ambigram, yakni sebuah bentuk desain permainan huruf atau bentuk dimana sebuah kata akan dapat dibaca dari berbagai macam sudut atau pandangan. Logonya ini membuat kata 'SUN' dapat dibaca dari berbagai arah.
Uniknya, orang yang mendesian logo ini tidak mengerti sama sekali mengenai simbologi, ia adalah seorag professor ilmu komputer di Universitas Stanford, Vaughan Pratt, seorang "pria komputer." Ini memberikan pengaruh dan pandangan bahwa setiap orag dapat mendesain logo yang baik jika mereka memikirkannya dengan baik.
10. MyFonts - Tangan
Distributor yang dibeli oleh Monotype Corporation senilai 50 Juta Dollar (sekitar 490 Miliar Rupiah), ini memiliki logo yang sangat cerdik dan unik. Sadarkan Anda bahwa kata 'My' ini menggambarkan gambar tangan dimana memberikan arti bahwa jika Anda menggunakan situs mereka maka serupa dengan tangan Anda mengambil font mereka. Uniknya kata 'My' sendiri saja sudah memberikan gambaran seperti itu, bahwa font mereka adalah milik siapapun yang memakainya.
ConversionConversion EmoticonEmoticon